5 Tips Hemat Renovasi Rumah Sederhana

RumahDaku.com – Memiliki rumah pribadi merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah rumah ataupun membeli rumah tidaklah murah. Maka, merawat kondisi rumah agar selalu nyaman adalah suatu keharusan bagi pemiliknya agar suasana di rumah senantiasa menyenangkan dan keluarga betah di rumah.

Beberapa kondisi seperti tembok yang retak ataupun bocornya atap merupakan pertanda bahwa harus segera melakukan renovasi rumah sederhana anda. Tidak hanya kerusakan saja yang membuat seseorang harus melakukan renovasi terhadap rumahnya namun keinginan memperluas halaman dan menambah jumlah kamar juga menjadi alasan mengapa renovasi perlu dilakukan.

Bukan hanya harga rumah saja yang mahal, biaya untuk renovasi rumah juga tidak kalah mahal. Sehingga faktor biaya menjadi kendala untuk sebagian besar orang yang hendak melakukan renovasi rumah. Tidak banyak orang ketahui, sebenarnya ada cara mudah agar biaya renovasi rumah tidak terlalu besar.

Berikut ini 5 tips hemat renovasi rumah sederhana agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Gunakan Jasa Arsitek

Walaupun anda hendak melakukan renovasi rumah sederhana, tidak ada salahnya memanfaatkan jasa arsitek atau perencana yang mampu menekan pembengkakan biaya akibat kesalahan tukang. Mungkin anda akan berfikir bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa seorang arsitek terlalu mahal untuk sekedar renovasi.

Namun perlu anda ketahui bahwa keahlian arsitek yang anda bayar tidak hanya berupa perencanaan layout bangunan saja namun arsitek juga memiliki keahlian dalam memilih material bangunan yang berkualitas dan bahkan mengawasi pekerjaan tukang supaya tidak keluar dari konsep.

Kesalahan tukang dalam pengerjaan suatu bangunan merupakan salah satu faktor terbesar yang membuat anggaran renovasi rumah menjadi membengkak.

Pilih Material Rumah dengan Harga Bersahabat

Tips renovasi rumah sederhana yang berikutnya adalah memilih material rumah dengan harga yang tidak terlalu mahal dan bersahabat dengan kantong.

Di zaman yang serba modern ini tidak terlalu sulit untuk mencari informasi mengenai harga material bangunan karena anda bisa mencari informasi mengenai harga-harga material bangunan di website-website yang memberikan informasi mengenai harga material yang kini sudah banyak tersebar di internet.

Yang perlu anda perhatikan saat memilih material bangunan jangan hanya melihat harga murah saja tapi pertimbangkan juga kualitas material agar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan karena material yang dipilih cepat rusak.

Tentukan dengan Cermat Bagian yang Ingin Direnovasi

Anda harus benar-benar cermat dalam menentukan bagian rumah yang hendak direnovasi agar mampu memprediksi seberapa besar biayanya. Agar perhitungan lebih tepat, konsultasikan dengan arsitek atau tenaga profesional agar tidak ada pembengkakan biaya dari sesuatu yang tidak perlu.

Memanfaatkan Struktur Lama

Karena pembuatan struktur baru akan memakan biaya yang cukup besar maka sebaiknya manfaatkan struktur lama seperti balok, kolom dan pondasi jika dirasa masih bagus.

Jika memang harus menggunakan struktur baru maka sebaiknya pilihlah struktur baja daripada beton karena material berbahan baja pengerjaannya relatif singkat sehingga bisa menghemat biaya tukang. Sedangkan beton biasanya memerlukan waktu hingga 21 hari agar kondisinya benar-benar kering. Namun kelemahan dari baja adalah harganya relatif mahal.

Perhatikan Tukang Bangunan

Sistem pembayaran tukang bangunan ada dua yaitu borongan atau harian. Masing-masing sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan sistem borongan akan membuat tukang bekerja dengan cepat dan tidak berlama-lama karena pembayarannya dalam sistem paket. Namun biasanya pengerjaannya kurang maksimal karena ingin cepat-cepat selesai.

Sedangkan untuk sistem harian, anda harus membayar tukang dihitung berdasarkan jumlah hari lamanya bekerja sehingga biasanya mereka akan mengulur-ulur waktu. Jadi sebaiknya apapun sistem yang anda pilih awasi saat pengerjaan agar tidak asal jika menggunakan sistem borongan dan tidak berlama-lama jika sistem harian.

Dengan cara ini melakukan renovasi rumah sederhana tidak akan membuat biaya membengkak.

admin Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *