Tips Membuat Tangga Yang Proposional

Tips Membuat Tangga Yang Proposional

rumahdaku.Com – Bagi yang memiliki rumah lebih 1 lantai, maka tangga adalah sebuah kewajiban. karena fungsi tangga adalah menghubungkan antar lantai didalam rumah kita. Namun perlu anda ketahui bahwasannya dalam membuat tangga untuk rumah kita ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah sisi kenyamanan tangga tersebut. Anda pernah menaiki tangga , namun jarak antara anak tangga satu dan anak tangga kedua terlalu tinggi? Hal tersebut menunjukkan bahwasannya dalam pembuatan tangga tersebut tidak memperhitungkan sisi kenyamanan. Nah, bagi anda yang sedang ingin membuat tangga, berikut ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan sebelum membuat tangga.

Beberapa Tips Dalam Membuat Tangga Yang Proposional

  1. Run, Rise dan Tread Width

    (Gambar : nachi.org)

Run adalah lebar setiap anak tangga. Biasanya ukurannya 8 inchi (max.) = 20.32 cm. Untuk Tread width adalah Lebar pijakan awal. Untuk tread width biasanya berukuran 1 inchi lebih lebar dari Run. Jadi sekitar 9 inchi = 22.86 cm. Dan untuk Rise, atau ketinggian anak tangga sekitar 9 – 11 inchi (max.) = 22.86 – 27.94 cm.

  1. Konsistensi Ukuran

    (Gambar : media.jrn.com)

Hal ini sangatlah penting bagi sebuah tangga. Bila setiap rasio anak tangga tidak memiliki ukuran yang sama, bisa saja membuat orang yang menaiki tangga tersebut jatuh atau minimal tidak nyaman. Jadi anda harus memperhitungkannya dengan benar.

  1. Mempertimbangkan Overhang

    (Gambar : imgur.com)

Overhang merupakan ujung tangga yang digunakan pijakan bagi tumit. Biasanya ukurannya 1 inchi = 2.54 cm. Dalam beberapa desain ada yang menghilangkan overhang karena mereka takut overhang tersebut akan melukai anak anak mereka.

  1. Riser

    (Gambar : houzz.com)

Riser adalah pembatas antar anak tangga. Biasanya bisa terbuat dari lantai ataupun kayu atau juga tembok. Dalam beberapa desain minimalis, riser dihilangkan agar menimbulkan efek melayang pada tangga tersebut, seperti contoh diatas. Namun anda juga harus memperhitungkan bila mana bayi anda menaiki tangga tersebut dan terpelosok ke dalamnya. Anda harus menyesuaikan kebutuhan rumah anda.

  1. Jarak Anak Tangga Dengan Langit Langit

    (Gambar : houzz.com)

Anda pasti tidak menginginkan tamu anda ketika menaiki tangga rumah anda, malah terjedut ke langit langit anda bukan? Maka anda harus memperhitungkannya. Jarak tinggi yang direkomendasikan adalah 80 inch = 2 m. itu dari anak tangga tertinggi sampai ke langit langit.

Itu tadi adalah beberapa Tips Membuat Tangga yang bisa anda terapkan dalam rumah anda. Semoga berhasil.

http://www.desainrumahnya.com/2016/06/118-model-tangga-rumah-minimalis-dan-unik.html

admin Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *